Rabu, 12 Oktober 2011

Tugas Pengantar Bisnis BAB 4

Nama Kelompok :
1.      Dyah Retno Wulandari (22211296)
2.      Erni Rismayana (22211475)
3.      Nur Rindi Dwi J (25211323)
4.      Velly Nuroctavia (27211253)
5.      Widya Ayu Nurhayati (27211386)
Kelas   : 1EB21

Tugas Pengantar Bisnis
Bab 4

1.      Sebutkan perbedaan wiraswasta dan wiraswastawan serta unsur apa yang dimiliki wiraswasta !
Jawab :
·           Wiraswasta adalah bidang usaha/perusahaan yang dibangun oleh seseorang dengan kepribadian tertentu.
·           Wiraswastawan adalah seseorang yang memiliki kepribadian tertentu secara kualitatif lebih dari manusia pada umumnya yakni memiliki kemampuan : berdiri diatas kekuatan sendiri, mengambil resiko, menetapkan tujuan atas pertimbangan sendiri, memiliki semangat bersaing yang kuat, berorientasi kerja keras, kreatif inovatif, motivasi berprestasi, dll.
Unsur yang dimiliki wiraswasta yaitu :


·           Unsur Pengetahuan,
·           Unsur Keterampilan,
·           Unsur Sikap Mental, dan
·           Unsur Waspada.



2.        Bagaimana perkembangan franchising di Indonesia searching di internet ?
Jawab :
Bisnis waralaba di Indonesia mulai marak pada sekitar tahun 1970an dengan bermunculannya restaurant-restaurant cepat saji (fast food) seperti KFC dan Pizza Hut. Hingga tahun 1992 jumlah perusahaan waralaba di Indonesia mencapai 35 perusahaan, 6 diantaranya adalah perusahaan waralaba lokal dan sisanya 29 adalah waralaba asing. Perkembangan waralaba asing dari tahun ke tahun berkembang pesat sebesar 710% sejak tahun 1992 hingga tahun 1997, sedangkan perkembangan waralaba lokal hanya meningkatkan sebesar 400% (dari sejumlah 6 perusahaan menjadi 30 perusahaan).
Namun sejak krisis moneter tahun 1997, jumlah perusahaan waralaba asing mengalami penurunan pertumbuhan sebesar -9,78% dari tahun 1997 sampai dengan tahun 2001. Hal ini disebabkan karena terpuruknya nilai rupiah sehingga biaya untuk franchise fee dan royalti fee serta biaya bahan baku peralatan dan perlengkapan yang dalam dollar meningkat. Hal tersebut mempengaruhi perhitungan harga jual produk atau jasanya di Indonesia. Sebaliknya waralaba lokal mengalami peningkatan pertumbuhan rata-rata sebesar 30%. Pada tahun 2001 jumlah waralaba asing tumbuh kembali sebesar 8.5% sedangkan waralaba lokal meningkat 7.69% dari tahun 2000. Perkembangan bisnis waralaba di Indonesia dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Tabel 1. Perkembangan Waralaba di Indonesia

Tahun
Jumlah Waralaba Asing
Jumlah Waralaba Lokal
Total
1992
1995
1996
1997
2000
2001
29
117
210
235
212
230
6
15
20
30
39
42
35
132
230
265
251
272
Sumber data : Deperindag, 2001
Menurut Anang Sukandar, ketua asosiasi franchise Indonesia (2002) bisnis waralaba lokal merupakan usaha yang prospektif dikembangkan di Indonesia. Berdasarkan analisa SWOT, juga dapat disimpulkan bahwa bisnis waralaba sangat cocok dikembangkan oleh UKM.
3.        Beri 5 contoh riil usaha franchising yang bergerak di bidang :
-       Pendidikan
-       Kesehatan
-       Salon & Perawatan
-       Makanan  dalam negeri / local
-       Otomotif
Jawab :
a.       Pendidikan
·           Nurul Fikri,
·           LIA
·           Ganesha Operation (GO),
·           International Language Programs (ILP), dan
·           Kumon.
b.      Kesehatan
·           Century Health & Care,
·           Guardian,
·           Apotik K-24,
·           Kimia Farma, dan
·           Aquacia.
c.       Salon & Perawatan
·           Johnny Andrean,
·           Ratna Dewi Skin Care,
·           Mustika Ratu,
·           Rudy Hadisuwarno, dan
·           Sari Ayu.
d.      Makanan dalam negeri / local
·           Bakmi GM,
·           Ayam Lepas,
·           Solaria,
·           Es Teller 77, dan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar