Selasa, 27 Desember 2011

Menteri Perdagangan: Peluang Ekspor Indonesia Cukup Besar

Ekonomi - / Kamis, 8 Desember 2011 16:17 WIB
 
Metrotvnews.com, Palembang: Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan, peluang ekspor Indonesia ke berbagai negara cukup besar. "Peluang itu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Gita dalam Forum Koordinasi Pembangunan dan Ekspor di Palembang, Kamis (8/12).

Gita Wirjawan optimistis ekspor Indonesia bisa mencapai target yang ditetapkan, sebesar 200 miliar dollar Amerika Serikat. Hingga Oktober 2011 ekspor telah mencapai 169 miliar dollar AS. Penguatan ekspor , kata Gita, didukung hasil nonminyak dan gas sebesar 134,7 miliar dollar AS, sisanya disumbang dari ekspor hasil migas. Tujuan ekspor antara lain Amerika Serikat, Jepang, China, dan negara lainnya.

Menteri Gita Wirjawan mengatakan, peluang ekspor meliputi karet, kelapa sawit, dan batu bara. Namun, Indonesia masih kalah bersaing dengan luar negeri di bidang sumber daya manusia dan infrastruktur. Jumlah lulusan sarjana Indonesia yang bergelar doktor atau S3 jauh lebih kecil dibandingkan negara lain. Padahal, SDM akan mendukung pelaksanaan ekspor sumber daya alam yang ada. Buruknya infrastruktur membuat barang yang diekspor banyak yang susut. (Ant/Wtr4)

Sumber: http://metrotvnews.com/read/news/2011/12/08/74724/Menteri-Perdagangan-Peluang-Ekspor-Indonesia-Cukup-Besar/2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar